Jalan Baru. Masih Panjang.

Ada hal baru yang akan (atau harus?) saya jalani dalam setidaknya dua tahun ke depan. Saat ini, saya sudah tercatat sebagai mahasiswa di program studi Magister Ilmu Kelautan Universitas Indonesia. Sejak 16 Januari 2014 saya memegang kartu mahasiswa UI, dan insya Allah, mulai 10 Februari akan mulai perkuliahan di kampus UI Depok.

Tadinya biru, lalu hijau, sekarang kuning ;;;

Tadinya biru, lalu hijau, sekarang kuning ;;;

Saya tidak tahu apakah pilihan jalan ini sebuah pilihan yang benar. Kalau melihat usia serta kemampuan finansial saya saat ini, kuliah lagi rasanya bukanlah pilihan yang cukup baik. Kebanyakan mahasiswa S2 saat ini adalah dari kalangan freshgrad S1, atau dari kalangan yang sudah mapan seperti para pegawai negeri. Hampir semua teman-teman saya sudah berbahagia dengan pekerjaan dan keluarga.

Tapi, perkara salah langkah itu sebenarnya sudah dari lama, sejak saya keluar dari ITB tahun 2007. Ini semacam konsekuensi, bahwa karena saya pernah gagallah maka saya harus menempuh jalan seperti sekarang.

Lagi pula, tidak sepenuhnya buruk. Saya tidaklah merasa nyaman menjadi seorang pengajar bimbel, sekalipun itu bimbel terbaik di Indonesia. Saya merasa ingin sekali kembali ke dunia akademis di kampus, membaca buku dan paper-paper, mengikuti seminar ilmiah dan sebagainya.

Sudahlah, saya sudah bertekad untuk menjalani saja dan mencoba meraih hasil terbaik.

Saya mengambil program studi Magister Ilmu Kelautan, dengan peminatan di bidang Sains Fisik Kelautan. Sebenarnya ini pilihan iseng dan agak terpaksa: program magister Fisika tidak buka pendaftaran di semester genap. Maka saya carilah program studi yang cocok dengan Fisika Bumi, dan bertemulah saya dengan Ilmu Kelautan ini.

Saya agak kaget ketika belakangan menemukan bahwa program studi Ilmu Kelautan ini berada di bawah nanungan Departemen Biologi FMIPA UI. BIOLOGI! Mungkin ini pertanda bahwa saya tidak salah telah jatuh hati sama seorang pengajar Biologi di tempat kerja! #Eh

Whatever. Yang penting mata kuliahnya masih cocok dengan bidang saya saat S1 dahulu. Beberapa mata kuliah terdengar familiar, misalnya geofisika laut, oseanografi dan lain-lain. Melihat komposisi kuliahnya, saya pikir saya bisa membuat tesis yang membahas tentang tsunami, jadi masih bersambungan dengan skripsi S1 saya dahulu yang membahas gempa.

Beberapa waktu lalu terjadi gempa di sekitaran Cilacap, Jawa Tengah, dan saya terlibat dalam perbincangan menarik tentang gempa di Facebook. Ini sedikit menambah semangat saya untuk segera memulai kuliah dan memulai kehidupan baru sebagai seorang grad student. Saya ingin terlibat lagi dalam diskusi dan pencerahan-pencerahan ilmiah.

Demikianlah. Semoga semua berakhir indah, seperti senja yang menutup hari …

Senja yang cantik ...

Senja yang cantik …

Leave a Reply

