Gerhana Bulan Sebagian (Kecil), 26 April 2013

Biasanya di sekolah kita hanya mengenal 3 jenis gerhana bulan: Gerhana Bulan Total (GBT), Gerhana Bulan Sebagian (GBS) dan Gerhana Bulan Penumbral (GBP). Tanggal 26 April nanti, kita akan bertemu dengan Gerhana Bulan Sebagian-Kecilnya-Saja:mrgreen: , karena memang hanya secuil saja permukaan rembulan terkena umbra bumi.

Pena penampang gerhana 26 April 2013. Dari Wikipedia.

Peta penampang gerhana 26 April 2013. Dari Wikipedia.

Berdasarkan data yang dirilis oleh NASA Eclipse, bulan akan memasuki bayangan penumbra Bumi pada 26 April 2013, pukul 01.03 WIB (25 April 2013 18.03 UT). Mulai dari waktu itu, secara konsep gerhana telah dimulai, berupa gerhana bulan penumbra. Biasanya, pada gerhana penumbra bulan hanya mengalami sedikit saja penggelapan, jadi mungkin kita tidak akan merasakan benar-benar ada gerhana.

Bulan akan memasuki umbra bumi pada pukul 02.54 WIB (25 April 2013 19.54 UT). Tidak mau lama-lama, pukul 03.21 (25 April 2013 20.21 UT) Bulan segera keluar dari umbra Bumi setelah hanya membiarkan secuil pinggirannya saja yang tertutup umbra. Bulan lalu sepenuhnya keluar dari penumbra pukul 05.11 WIB (25 April 2013 22.11 UT)

Gerhana bisa diamati di seluruh Indonesia dan di seluruh negara yang memiliki pantai di sekeliling Samudra Hindia. Di 4 benua, yakni Asia, Afrika, Eropa dan Australia gerhana ini bisa diamati. Hanya saja, ya jangan pasang ekspektasi terlalu besar. Berikut saya coba tampilkan simulasi penampakan gerhana menggunakan Stellarium untuk beberapa kota di Indonesia. Yang di bawah ini, Jakarta:

Jakarta

Jakarta

Lalu kalau dari Bandung, Jawa Barat:

Bandung

Bandung

Dan dari Bukittinggi, Sumatra Barat:

Bukittinggi

Bukittinggi

Nah, gitu doang kan? Bulan terlihat warna putih seperti biasa.:mrgreen:

Jadi dari segi penampakan, gerhana bulan kali ini barangkali tidak cukup istimewa. Penampakannya jelas akan kalah spektakuler dibandingkan gerhana bulan total tahun 2011 lalu. Pasalnya ya itu, hanya secuil bagian bulan yang tertutup bayangan umbra bumi. Kita tahu bahwa jika permukaan bulan terkena bayangan umbra Bumi, maka akan terlihat bulan menggelap, dan jika kebetulan gerhananya adalah gerhana bulan total, saat puncak gerhana akan terlihat bulan berwarna merah mencekam. Kali ini tidak, hanya secuil yang terkena umbra bumi, sisanya berada di penumbra. Bayangan penumbra bumi tidaklah cukup gelap, dan cukup sulit melihat perbedaan antara bulan yang terkena bayangan penumbra dengan bulan biasa.

Walau demikian, bukan berarti ini bukanlah gerhana yang layak dilupakan. Bagi mereka yang menyukai Astronomi, gerhana ini tetap dibahas dalam berbagai diskusi. Bagi akademisi dan peneliti benda langit, peristiwa ini tentunya masuk dalam berbagai diskusi juga, dan mungkin saja ada yang mau mengamati menggunakan peralatan canggih. Paling tidak untuk sekedar cek instrumen.

Lalu, gerhana bulan kali ini akan menjadi gerhana bulan pertama di tahun masehi 2013. Gerhana ini tergolong ke dalam seri Saros 112, dimana ia adalah Gerhana Bulan Sebagian paling akhir dalam seri Saros 112 ini. Barangkali para astrolog tertarik juga untuk membahas hal ini. Yaa, kalau mereka cukup pintar sih …

Dan arti pentingnya bagi saya, gerhana ini tetap cantik seperti kamu:mrgreen:

2 thoughts on “Gerhana Bulan Sebagian (Kecil), 26 April 2013

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s