Kewajiban-kewajiban Pemerintah

Menjelang pemilu, saya jadi berpikir tentang pemerintahan. Iseng-iseng baca sebuah buku yang belum pernah saya tamatkan sejak dibeli tahun 2007 lalu, berjudul “Pemikiran Moderat Hasan Al Banna” edisi Bahasa Indonesia, karya Musthafa Muhammad Thahan dan diterbitkan oleh Harakatuna Publishing. Asy Syahid Hasan Al Banna telah memberi batasan mengenai kewajiban negara atas rakyatnya. Berikut batasan-batasan tersebut, disertai pembahasan yang keseluruhannya saya kutip dari buku:

8 ~ )|( ~ 8

  1. Mewujudkan Rasa Aman
  2. Islam menjamin keamanan setiap warga negara: muslim ataupun non-muslim, oposisi ataupun sekutu. Tugas aparat keamanan adalah menjaga negara dari serangan musuh yang datangnya dari luar. Seringkali para penguasa menjadikan aparat keamanan untuk menekan rakyat dan menjaga kelanggengan kekuasaannya, bukan untuk kemaslahatan bangsa dan negara.

  3. Menegakkan Hukum
  4. Melaksanakan undang-undang agar dapat memberikan rasa adil bagi masyarakat. Hukum harus ditegakkan kepada semua orang tanpa kecuali.

    Rasulullah SAW menyifati Bani Israil yang melakukan penyimpangan dengan mengatakan,

    Mereka adalah kaum yang apabila orang-orang mulia diantara mereka mencuri, mereka biarkan. Sedangkan apabila yang mencuri adalah mereka yang lemah, mereka memberlakukan hukuman.
    (H. R. Bukhari)

    Rasulullah SAW juga pernah marah kepada Usamah bin Zaid ketika meminta dispensasi hukuman atas seorang perempuan bangsawan yang mencuri. Ketika itu Beliau SAW mengatakan,

    Apakah kamu akan memintakan ampunan bagi orang yang terkena hukuman Allah SWT? Demi Allah, jika Fatimah binti Muhammad mencuri, akan aku potong tangannya.
    (H. R. Muslim)

  5. Pemerataan Pendidikan
  6. Pemerataan pendidikan bagi seluruh lapisan masyarakat merupakan suatu keharusan tanpa membeda-bedakan status sosial mereka. Pendidikan harus meliputi pendidikan agama dan umum. Pada intinya, semua ilmu bermanfaat dan akan memberikan kebahagiaan buat masyarakat.

  7. Menyiapkan Kekuatan
  8. Pemerintah harus mempersiapkan persenjataan dan mampu memproduksinya sendiri. Sebuah bangsa tidak akan memiliki wibawa jika masih mengimpor persenjataannya dari negara musuh. Rakyat pun harus dipersiapkan secara fisik dan mental. Islam telah menganjurkan agar umatnya menjadi kuat. Rasulullah SAW bersabda,

    Orang mukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai Allah SWT ketimbang mukmin yang lemah.
    (H. R. Muslim)

  9. Memelihara Kesehatan
  10. Diantara kewajiban yang harus dipenuhi oleh pemerintahan Islam adalah memelihara kesehatan. Memelihara kesehatan harus dipenuhi dengan cara menyosialisasikan kebersihan dan memberantas sampah, memberikan kesadaran pada masyarakat akan penyakit, membangun pusat-pusat kesehatan, rumah sakit dan klinik-klinik. Pelayanan kesehatan harus dilakukan tanpa membeda-bedakan.

  11. Menjaga Kepentingan dan Fasilitas Umum
  12. Fasilitas umum yang menjadi kebutuhan orang banyak adalah jalan, jembatan, saluran air, aliran listrik, bahan bakar, taman-taman kota, sekolah, universitas negeri, dan lain-lain.

    Pemerintah harus dapat menjaga seluruh fasilitas umum yang menjadi hajat hidup orang banyak. Hal tersebut perlu dilakukan agar pemerintah memperhatikan kemaslahatan mereka dan sehingga mereka pun terpanggil untuk turut menjaga dan memeliharanya. Masyarakat harus bekerja sama dengan pemerintah dalam menjaga fasilitas-fasilitas umum, bukan malah merusaknya.

  13. Mengolah Sumber Daya Alam
  14. Kekayaan alam ada yang umum dan ada yang khusus. Perlu dilakukan penjagaan, pengembangan, pengelolaan secara baik dengan sarana yang ilmiah.

  15. Menjaga Sumber Kekayaan Negara
  16. Pemerintah harus dapat memacu produktivitas industri dan menjaga fasilitas negara yang ada di dalamnya, mengatur jalur ekspor-impor, dan mengembangkan teknologi pertanian sehingga kita bisa memakan hasil yang kita tanam. Kita menggunakan produksi dalam negeri sendiri dan bekerja sama dengan negara-negara lain dalam rangka memperkuat basis ekonomi nasional.

  17. Mengokohkan Moralitas
  18. Mengokohkan masyarakat merupakan suatu kewajiban yang harus dijalankan oleh pemerintah. Ketimpangan dalam pembinaan moral akan menyebabkan kegagalan untuk mencapai masyarakat yang berbudaya. Berikut bagaimana cara memperbaiki moral rakyat:

    • Memberikan teladan yang baik dalam berperilaku.
    • Berkomitmen dengan moral yang luhur.
    • Menjadikan acara dan agenda hiburan yang bermoral, oleh karena itu dunia hiburan (TV, film, konser musik dsb) harus diawasi dengan cermat dan ketat.
  19. Menebarkan Dakwah
  20. Setiap muslim dituntut untuk mengajak orang lain ke jalan yang benar dengan menggunakan hujjah yang nyata. Firman Allah SWT,

    Katakanlah, “Inilah jalanku. Aku dan orang-orang yang mengikutiku mengajak kepada Allah dengan hujjah yang nyata. Maha Suci Allah, dan aku tidak termasuk orang-orang yang musyrik.”
    (Q. S. Yusuf: 108)

    Pemerintah juga dituntut untuk melakukan hal yang sama. Jika dakwah personal memiliki lingkup yang terbatas, dakwah oleh pemerintah melingkupi ruang luas dan lebih kompleks. Pemerintah harus menjalankan misi dakwah secara nasional, regional dan internasional. Nilai-nilai Islam harus disampaikan kepada siapapun.

8 ~ )|( ~ 8

Semoga Allah SWT memberkahi negara Indonesia ini dan memberikan pemimpin yang baik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s