Apologi

Dan sedikit penjelasan sikap saya atas postingan sebelumnya.

Pertama, tentu saja saya keliru kalau begitu saja mencontohkan China, seolah-olah China itu baik dan hebat betul. Yang saya sampaikan memang hanya generalisasi.

Kedua, bahwa saya hanya ‘sedikit’ bersyukur tak perlu ikut Pilkada. Hanya sedikit. Bagaimanapun, saya tak suka golput, jadi kalaupun saya orang Padang pastilah saya akan tetap memilih salah satu walaupun terpaksa. Kriteria ‘keterpaksaan’ itu: saya akan memilih karena partai yang saya dukung mendukung calon tersebut. Biasanya saya baru akan memilih (misalnya pada pilpres 2004 putaran pertama) setelah lihat calonnya, dan biasanya lagi, calon pilihan itu sesuai dengan apa yang dicalonkan oleh partai.

Leave a Reply

