100% Linux

Kira-kira sudah hampir sebulan saya menggunakan 100% Linux di komputer pribadi. Apa yang saya kerjakan di Windows, umumnya bisa juga di Linux, jadi tak banyak alasan menggunakan Windows lagi.

Beberapa waktu lalu memang masih campur, Windows XP dan Ubuntu, dikarenakan ada tugas kuliah yang menggunakan sebuah program Windows. Sudah dicoba install di Linux menggunakan Wine, malah suka ngadat tuh kompor. Maklum, Pentium Duo😛, dikasih anggur (wine) jadi mabok…

Dikarenakan Ubuntu itu berat, saya tak lagi menggunakan Ubuntu. Saya pakai Ubuntu versi KDE (Kubuntu) yang terasa lebih ringan. Sekalian sambil menunggu datangnya extras Ubuntu 8.10 yang dijanjikan sebuah majalah khusus Linux, agar bisa menginstal Xubuntu 8.10 yang relatif jauh lebih ringan tapi tetap bercita rasa Ubuntu. Saya sudah punya LiveCD nya, tapi disana kan belum terinstal program-program langganan saya.

Program yang rutin saya pakai di Kubuntu:

  • Konsole (bukan make Linux kalau nggak make yang sejenis ini mah. Tapi gara-gara kebiasaan, saya bahkan jadi sering matiin komputer dengan cara klik ikon Konsole, lalu ketikkan sudo halt, lalu masukin password. Tahpapa <_< )
  • Amarok (masa’ makai komputer tanpa dengerin lagu?)
  • TeXLive (uhuy… udah lumayan bisa menggunakan LaTeX neh karena sering latihan…)
  • Kate (text editor)
  • OpenOffice (biasa, kerjaan kantoran…)

Oh ya, dan sesekali nongton DVD pakai Kaffeine. Kerjaan Windows yang juga bisa dilakukan di Linux semua kok. Sejauh ini belum terpikir untuk menginstal Windows bajakan lagi. Mungkin nanti, kalau udah punya komputer baru (yang entah kapan akan terwujud :no: ). Tapi paling ntar Windows untuk dipakai main NFS dan Diablo doang sih, hehe…

4 thoughts on “100% Linux

  1. Lho Kang, bukannya Kubuntu (KDE) itu lebih berat, ya? Atau sama juga beratnya, sama-sama aja?

    Omong2, itu pentium “Duo” atau “Core Duo”?🙄

    Like

  2. @Zuhair
    Ah, masa’ sih? Lebih berat Ubuntu Gnome ah, kalau yang saya rasakan. Bukan KDE4 lho ya (wew, ngeri lah sama yang ini mah), dan bukan Kubuntu 8.04 (belum pernah nyoba yang ini).

    Like

Leave a Reply

