Pandangan Saya Tentang Calon Presiden

Ini hanya pandangan subyektif dari saya. Tapi sebisa mungkin saya melihat fakta.

Yang berikut ini rasanya tak pantas untuk maju sebagai calon Presiden RI pada pemilu 2009:

  • Akbar Tandjung: Meskipun divonis bebas oleh MA pada tahun 2004, kasus korupsinya dulu itu tetap kontroversial. Keputusan pengadilan dibawah MA semua bilang Akbar bersalah (dan harusnya dia dipenjara, tapi hal itu tak pernah terjadi), cuma MA aja yang membebaskannya.
  • Gus Dur: Halah… tukang onar ini mau dijadiin presiden?? Bisa-bisa Indonesia pecah dua macam PKB, dan setiap kiai diwajibkan pake celana pendek di istana!
  • Megawati Soekarnoputri: Gak kapok-kapok ini orang… hasil selama dia memerintah dulu itu tak ada yang bisa dibanggakan…
  • Amien Rais: Sudah laa… lebih baik jadi pengamat politik aja Pak…
  • Jusuf Kalla: Ingat kasus puisi sekolah kandang ayam? Orang ini yang tak percaya bahwa kualitas pendidikan Indonesia sudah sedemikian buruk, dan juga ngotot memperjuangkan Ujian Nasional yang bikin rakyat makin bodoh itu. Ck ck ck…

Kalau yang berikut, kayaknya sih silakan aja maju, tapi saya sendiri sejauh ini tak berniat mendukung.

  • SBY: Tak berniat memilih dia lagi. Dia pintar tapi lemah!
  • Wiranto: Catatan sejarahnya cukup positif, saya rasa. Tapi kurang sreg dengan beberapa pandangannya.
  • Sutiyoso: Memang berpengalaman di Jakarta, tapi ya Jakartanya begitu… Buat alternatif pilihan, boleh lah…
  • Inu Kencana: Dosen STPDN tentunya tahu seluk beluk pemerintahan. Tapi kok kesannya mentang-mentang ya si Bapak ini? Dulu pernah ditawari jadi calon walikota Payakumbuh, Sumbar, tapi nggak jadi dan habis itu keluar statemennya—yang saya rasa berlebihan—di media.

Terakhir, yang saya dukung untuk maju. Saya pilih atau tidak, itu urusan nanti.

  • Hidayat Nurwahid: Semua ulasan di media massa selalu bilang beliau itu bersahaja. Biar ketua MPR, tetap hidup sederhana. Beberapa waktu lalu saya nonton dialog di TVRI dengan narasumber beliau ini, bicara tentang UUD ’45, dan saya baru sadar bahwa pemahaman beliau tentang UUD itu keren.
  • Sultan Hamengkubuwono X (atau XI? Lupa euy…): Alternatif yang bagus juga nih…

Siapa lagi ya capres? Yang saya tahu—dari semua berita yang saya baca dan dengar—baru itu saja yang mungkin hendak maju.

Kalau Gamawan Fauzi (gubernur Sumbar saat ini) ikutan maju, kayaknya masuk list terakhir. Tapi kinerjanya di Sumbar sih biasa aja, so mending jadi wapres aja kali ya?

6 thoughts on “Pandangan Saya Tentang Calon Presiden

  1. kayaknya generasi reformasi/ciganjur udah basi deh. tapi herannya masih banyak yang mau maju.

    hidayat nurwahid bagus tapi dia sudah jadi ketua mpr. biasanya ada bekas ketua mpr kurang keliatan tajinya. popularitas hidayat juga kurang padahal dalam pemilihan langsung popularitas itu penting.

    sultan masih kurang gebrakannya. lagi pula dia mau masuk dari mana? dari golkar harus bersaing sama jk.

    imho.

    Like

  2. @Anton: Yup, yang tua-tua udah basi tuh. Soal HNW, popularitasnya malah menanjak kok, beda dengan Amien Rais yang popularitasnya justru turun setelah jadi ketua MPR.

    Tapi kayaknya Sutiyoso dan (mungkin) Sultan jauh lebih menonjol ketimbang HNW. Sutiyoso itu agresif banget, jadi wajar.

    Ada beberapa calon lain yang terdengar: Yusril Ihza Mahendra dan Emha Ainun Najib.

    Yusril tentu masuk golongan “gak pantas maju”, karena memang tak jelas ini orang maunya apaan. Dulu dia bikin partai dengan bawa nama Masyumi, tapi nggak mencerminkan masyumi tuh. Dan lagi, saat jadi mentri bagian hukum, kok bisa Tommy Soeharto dapat remisi (diskon hukuman) besar-besaran?

    Emha … Hmmm … lumayan juga neh. Setidaknya beliau bersih dari ‘kekumuhan politik’ yang masih berlangsung hingga kini.

    Like

  3. @Kang Agah: Hush!! Aya-aya wae…

    Kalau pak Habibie mah, dianya yang udah nggak mau kayaknya. Kalau saja Indonesia ini punya majelis syura (seperti di Iran), bapak ini cocok masuk ke sana.

    Setelah SBY kembali memastikan kenaikan harga BBM, status dia saya turunkan jadi tak layak pilih!

    Like

Leave a Reply

