Macan Kampus

Baca blognya si Coni alias Sawung, dapat link ke sini. Itu photoblog yang isinya foto-foto anak ITB yang menolak pencalonan Soeharto untuk jadi presiden lagi, tahun 70an. Akibatnya kampus ITB dikuasai tentara, dan ada yang tewas ditembak oknum yang harusnya jadi pembela rakyat.

Kemudian jadi ingat saya tentang mendiang Soeharto yang ketika mau mati, dipuji orang setinggi langit. Ada juga mahasiswa yang ikutan memuji. Mahasiswa yang ketika tahun 1998 masih duduk di bangku SD (atau sudah SMP, tapi terlalu pemalas untuk baca koran dan nonton berita di TV), jadi gak tau apa-apa.

Dan jadi ingat sebuah artikel di koran lokal Sumatera Barat, tentang gerakan mahasiswa yang melempem. Kata ketua gerombolan mahasiswanya, nggak ada “musuh bersama” lagi, jadinya mahasiswa gak tau mo ngapain. Padahal, coba pikir deh, itu kenaikan harga kebutuhan pokok apa bukan musuh bersama? Brimob yang menembak seorang warga hanya karena dituduh mencuri di perkebunan milik konglomerat (ini terjadi di sebuah perkebunan kelapa sawit di kab. Pasaman Barat, Sumbar), itu bukan musuh bersama? Illegal logging yang meyebabkan macan Sumatera menggila di Sumbar, itu bukan musuh bersama? Ah, tim kajian strategis BEM dan org. ekskamp nya aja yang payah…

Tapi yah, saya sendiri udah jenuh dengan organisasi mahasiswa. Hehe…

This Post was posted in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink.

3 thoughts on “Macan Kampus

  1. Ah, ini kan Indonesia..
    warga dunia yang suka lupa dan bermain dengan melankolisme..
    yang sudah meninggal ya sudah
    mari kita pikirkan yang hidup saja😀
    nampaknya soal ujian lebih menarik daripada aksi di jalanan (*as I thought)

    Like

  2. Aslkm…itulah kita, tidak ingat masalalu, mudah lupa,

    sy masih ingat ketika kami bergabung sama Senat Mahasiswa (skarang BEM) IKIP,Unand,UBH demo di sepanjang Sudirman, walau sy blom mahasiswa ketika itu (kelas 3 STM), kami menyuarakan keadilan harus ditegakkan di jazirah indonesia ini.

    dan sampai saat ini masih segaR di ingatan sy bagaimana perlakuan rezim ORBA dulu pada mahasiswa dan rakyat ini, ini adalah SEJARAH yg tak pernah terlupakan.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s