Halo Pengguna Open Source!

Salam kenal, saya pengguna baru Linux. Walau sudah kenal Linux sejak 2002, saya baru menggunakannya untuk komputer pribadi sekarang ini. Maklum, tahun 2002 sampai 2006 saya belum punya komputer…

Saat ini saya menggunakan distro Fedora. Bukan Fedora 8 yang baru keluar itu sih (Fedora 8 konon keren, desktopnya bisa gonta-ganti warna sendiri), melainkan Fedora Core 5 yang keluaran 2006.

Sebenarnya saya mau pakai Ubuntu karena sudah tertarik sejak lama (gara-gara melihat efek 3D –yang konon lebih keren ketimbang Aero ala Windows Vista– di Ubuntu Edgy nya si Ucup). Setelah mencoba menginstal dengan Live CD Ubuntu 7.04 Feisty Fawn yang saya punya, ternyata terlalu berat untuk dijalankan di komputer saya yang cuma Pentium II . Lalu, saya dapatkan PCLinuxOS 2008 dari koran PCM***, saudaranya majalah PCM****. Saya coba instal, berjalan lancar. Tapi saya nggak suka desktop KDE dan juga PCLinuxOS yang itu miskin buanget, akibatnya saya kudu cari-cari softwarenya dulu. Jadinya males.

Akhirnya dapat Fedora Core 5 dengan membeli sebuah buku. Fedora menggunakan desktop GNOME, jadi mirip sama Ubuntu. Sudah terinstal OpenOffice dan juga GIMP. Masih cukup berat sih, tapi lumayan ringan lah daripada Ubuntu Feisty. Windows XP juga sama aja kok beratnya.

Moga-moga bisa ngumpulin duit buat beli komputer yang lebih bagus, jadi bisa nyobain Fedora dan Ubuntu terbaru. Kalo udah gitu, ucapan selamat tinggal untuk Windows bazakan tinggal menunggu waktu.

BTW, komunitas Linux di Padang ada nggak ya? Mahasiswa Unand kebanyakan pada nggak kenal Linux soalnya…

This Post was posted in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink.

7 thoughts on “Halo Pengguna Open Source!

  1. Update:
    Saya nggak jadi pakai Fedora Core 5. Udah diganti lagi ke Ubuntu Feisty.
    Biar deh berat, yang penting asyik… Kan cuma dipakai untuk hal-hal ringan seperti ngetik dan dengerin lagu.

    Like

  2. sudah saatnya upgrade komputer? hehe.

    menggunakan centrino duo + memory 1 gb (ini laptop sudah berumur 2tahun), menjalankan linux apa saja, rasanya cepet2 saja. sekarang lagi pasang ubuntu 7.10 (gutsy), efek compiz jalan, tapi males pake efek yg aneh2. malah bikin nggak produktif, mo geser layar saja, goyang2 dulu๐Ÿ˜›

    Like

  3. @olangbiaca
    Wass…
    Komputer barunya belum dibeli atuh…๐Ÿ˜›
    Saya ngeboyong komputer punya kakak, buat ditaruh di kosan saya di Padang.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s