Batak Petak

Banyak orang salah menduga saya ini orang Batak. Sejak SMP sampai sekarang. Salah satu alasannya karena kata mereka muka saya petak seperti kebanyakan orang dari etnis tetangga ini. Beberapa ada juga yang bilang saya ini orang Batak karena kalo saya ngomong pake bahasa Indonesia katanya kayak logat Batak.

Kalo muka saya mirip orang Batak, gak tau deh kenapa. Mungkin karena Bapak saya memang punya sedikit darah Tapanuli, lancar ngomong pake bahasa Tapanuli, ngerti silsilah orang Tapanuli, dan beliau dibesarkan di Padang Sidimpuan, Tapanuli Selatan. Karena hal ini, sebagian orang yang tahu saya dibesarkan di Sumatera Barat dan mengenal orang tua saya, terkadang masih saja menduga saya bukanlah keturunan etnis Minang. Padahal saya sama sekali tak bisa disebut orang Batak karena tak bisa memasang nama marga, dan secara adat saya mutlak bisa disebut sebagai orang Minang karena ibu saya memang orang Minang.

Kalo ngomong kayak orang Batak, sebenarnya nggak juga. Itu hanya terjadi kalo kebetulan saya lagi ngumpul sama teman-teman yang asli Batak, atau kalo kebetulan lagi kumpul sama sepupu-sepupu saya yang hampir semuanya dibesarkan di Sumatera Utara – mulai dari Padang Sidimpuan sampai Medan.

Tauk ah…

This Post was posted in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink.

10 thoughts on “Batak Petak

  1. yang jelas gw dulu gak ngira kalo Ed ko urang minang tulen. Abis namanya “Edward” gitu, jauh banget dari nama urang awak. Tapi kalo dipikir2 nama gue “Etna” juga gak ada padang2nya, hahaha…

    Like

  2. iya..diangkatan kita yang batak kan aku di!, kok kamu yang dikirain batak. Nah aku malah dikirain orang jawa…tuing..tuing..pas bilang aku orang batak (karo) lho man, lu orang batak ya? ummm..tau ah…

    Like

  3. @ uni hannie: hehe… kalau urang awak kini namonyo kan lah keren-keren ni… nan Alex lah, Erik lah, cam macam. Indak bantuak dulu lai doh ๐Ÿ˜€

    @ lucky: kurang dari 10% batak sih tepatnya ๐Ÿ˜›

    @ isman: ah, jangan cemburu gitu lah man… haha ๐Ÿ˜€

    Like

  4. Saya kebalikan kamu.
    Banyak yang ngga menyangka saya masih ada keturunan Mandailing, padahal nenek asalnya dari Batangtoru, dan sepupu2 ada yang dari Padang Sidimpuan, Sibolga, dan banyak yang masih tinggal di Medan.

    Kenapa ngga ada yang menyangka? Logat bicara udah logat Indonesia (=netral) karena dari kecil tinggal di Jakarta, dan punya tampang Jawa. Hahaha….

    Like

  5. hehe dulu waktu tingga di jkt uni kdg2 dikiro urang batak juo, tp paliang acok dikiro urang manado, antahlah

    namo iyo lah barat pulo, ancaknyo namo niniek yo ed , puti reno baiak ๐Ÿ˜€

    Like

Leave a Reply

