Anonymously

Anonim atau tanpa identisas barangkali boleh-boleh saja, misalnya bagi sastrawan, seniman, dermawan dsb. Misalnya, di masjid sering ada pengumuman sumbangan uang dari dermawan bernama Hamba Allah. Setidaknya, dengan berstatus anonim, si Hamba Allah berniat untuk berbuat ikhlas.

Tapi kalau melancarkan protes dengan status anonim, saya rasa itu tindakan pengecut. Dan itu yang saya temukan dari berbagai selebaran di kampus, yang isinya memprotes peraturan terbaru dari rektorat.

Peraturan itu memang bukan peraturan yang populer bagi kalangan mahasiswa (dan juga dosen), karena sangat merugikan. Bagaimana mungkin kendaraan dilarang masuk kampus di malam hari, sedangkan banyak sekali kegiatan mahasiswa dan dosen di laboratorium berlangsung malam? Siang hari kuliah berlangsung padat, sehingga mau tak mau meneliti di lab dijalankan malam hari.

Akibat adanya aturan ini, dalam seminggu terakhir ini, setiap malam didepan gerbang selatan kampus ITB penuh mobil dan motor milik mahasiswa dan dosen yang diparkir. Bayangkan betapa tidak amannya, karena parkir itu tanpa penjagaan.

Wajar kalau banyak yang protes. Tapi ya tolong cerdas dikit lah protesnya. Mahasiswa ITB kan punya organisasi mahasiswa. Ini malah pasang pamflet dengan kata-kata sedikit kasar, dan identitas pemasang gak jelas pula. Ada pula yang coret-coret dinding. Kalau mau ‘berjuang’ ya yang teratur, sebab keteraturan itu yang membentuk soliditas dan konsistensi gerakan. Salurkan aspirasi melalui organisasi mahasiswa (dalam hal ini Kabinet atau BEM istilah kerennya). BEM juga kudu pro aktif untuk menggalang dukungan, dengan demikian protes bisa mengatasnamakan mahasiswa ITB.

Kalau anonymous, pikiran orang jadi macam-macam. Ini siapa yang nulis? Untuk kepentingan apa? Parahnya ntar malah disangka provokator.

This Post was posted in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s