Langit Malam Juni – Juli – Agustus

Biasanya, langit malam di sepanjang bulan Juni sampai Agustus menjadi sasaran saya untuk dinikmati. 3 bulan ini adalah saat-saat puncak musim panas, dan pada umumnya, di musim panas langit malam bersih dari awan. April dan Mei semestinya juga demikian, namun akhir-akhir ini pergantian cuaca sering tak menentu.

Di Bandung, malam hari di musim panas biasanya berhawa dingin. Jika siang hari suhu mencapai 27 derajat Celcius (panas matahari + gabungan panas dari mesin mobil yang padat di jalan-jalan kota Bandung), malam hari suhunya bisa 18 derajat Celcius. Di Lembang, apalagi di Cikole dan Tangkuban Parahu, itu lebih dingin lagi. Di Lembang saya pernah harus berhadapan dengan suhu 14 derajat Celcius. Namun suhu dingin ini justru menjadi bumbu untuk menambah nikmatnya acara menatap gemintang. Sambil menyeruput segelas Cappuccino hangat dengan beberapa potong roti, atau mie goreng telor.

Jika tinggal di kota, sebenarnya sayang sekali karena jumlah bintang yang terlihat relatif sedikit. Saya pernah beberapa waktu tinggal di rumah bibi di Jakarta, dan tiap malam obyek langit yang terlihat hanya 2 obyek terang: Bulan dan planet Jupiter. Hal ini dikarenakan kawasan perkotaan (lebih tepatnya ‘kawasan tempat banyak bermukimnya warga’) banyak lampu, sehingga cahaya lampu mengalahkan cahaya bintang yang redup.

Bandingkan saat saya mengikuti sebuah daurah (semacam camping gitu) di dekat kawasan Karaha Bodas, sekitar perbatasan Garut – Tasikmalaya. Di sebuah bukit yang dikelilingi hutan pinus dan sedikit ladang penduduk. That was amazing night sky I’ve ever seen. Jangankan bintang, pita Milky Way terlihat dengan sangat-sangat jelas. Ketika itu Agustus 2004 sekitar jam 7 malam, memandang ke arah langit selatan – rasi Layang-layang, terus ke arah Scorpio dan Sagitarius. Ini tiga diantara beberapa rasi yang ‘dilintasi’ pita Milky Way. Di Lembang saya hanya berhasil menatap samar star cloud pada arah rasi Sagitarius – Scorpio.

Pada Juni – Juli Agustus, pada awal malam (jam 6 – 11 malam) di arah selatan bisa dengan mudah dikenali rasi Layang-layang. Dengan bantuan peta langit (cari saja di internet, banyak kok), rasi Scorpio, Centaurus, Sagittarius dll juga gampang dicari. Patokan utama dalam melihat rasi adalah bintang-bintang terang. Sebagai contoh, untuk mengenali rasi Layang-layang (menurut saya ini rasi yang paling gampang dikenali), cari 4 bintang terang di arah selatan, yang kalau ditarik garis antar bintang-bintang membentuk bidang belah ketupat.

Untuk malam ini, selain rasi-rasi di arah selatan (sayang dari tempat saya menatap langit, arah utara terhalang dinding), juga ada Bulan, Jupiter, Venus. Katanya juga ada Saturnus, tapi yang satu ini nggak gampang mengenalinya. Sayang nggak punya teleskop …😦

3 thoughts on “Langit Malam Juni – Juli – Agustus

  1. Bintang di langit malam bulan ini emang tiap hari nongol, apalagi di semarang yang ga pernah hujan. Mau tanya, saya sering memperhatikan bintang yang paling besar & terang di sebelah barat, itu bintang apa ya? ada juga di sebelah timur (tapi ga sebesar di barat). Trus gimana membedakan bintang dengan planet? (tanpa teleskop)

    Like

  2. Merhatiinnya pas kapan? Kalau pada awal2 malam (jam 6 sore sampai jam 8 malam), kemungkinan itu adalah Venus. Venus selalu terlihat sekitar maghrib di barat atau sekitar subuh di timur. Cirinya, warna agak kekuningan dan lebih terang daripada yang lain.

    Membedakan bintang dengan planet, ambil contoh Jupiter, Mars dan Venus. 3 planet ini gampang dikenali dengan mata telanjang, dan lebih terang daripada bintang-bintang disekitarnya. Umumnya cahaya dari planet tidak kerlap-kerlip seperti bintang.

    Khusus venus, warna agak kekuningan dan selalu terlihat maghrib (arah barat) atau subuh (arah timur). Kalau Mars warnanya kemerahan.

    Like

  3. -> diah di atas itu tinggal di semarang? tertarik dengan astronomi juga? kalo iya, gabung ke milis astronomi semarang yuk. cari di yaho*groups dengan kata kunci astronomi semarang.

    beberapa pertanyaan diah03 bisa dicari jawabannya di duniaastronomi.com😀

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s